Sekolah Tunas Dharma

Pengawas Pembina Aktif Lakukan Supervisi di SMP Tunas Dharma

SMP Tunas Dharma | Pada hari ini, Rabu, 18 September 2024, SMP Tunas Dharma kembali kedatangan Pengawas Pembina dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karawang, yakni Bapak H. Tatang Mulyana, S.Pd., MM. Pak Tatang, merupakan salah satu Pengawas Pembina untuk Sekolah Menengah Pertama di wilayah Kecamatan Karawang Barat, baik SMP swasta maupun SMP negeri.

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, Pengawas Pembina berkewajiban untuk Pertama, meningkatkan kemampuan kepala sekolah, tim manajemen, dan guru dalam merefleksi rapor pendidikan dan penyusunan rencana program sekolah yang efektif dan partisipatif. Kedua, meningkatkan partisipasi seluruh warga sekolah dalam proses merefleksi rapor pendidikan dan penyusunan rencana program sekolah. Ketiga, meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Keempat, meningkatkan efektivitas kegiatan pendampingan kepada kepala sekolah, tim manajemen sekolah dan guru. Kelima, memberikan rekomendasi dan saran untuk perbaikan kegiatan sekolah, sehingga kegiatan sekolah dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Keenam, meningkatkan kualitas dan relevansi program pendidikan yang diselenggarakan sekolah, dengan memperkuat tata kelola sekolah yang lebih baik untuk meningkatkan transparansi dalam penyelenggaraan program pendidikan di sekolah. Terakhir, membangun kemitraan dan sinergi yang positif dan konstruktif antara Dinas Pendidikan dengan kepala sekolah, tim manajemen dan guru, dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah.

Dalam supervisinya kali ini, Pak Tatang menyampaikan: “Bahwa SMP Tunas Dharma ini adalah yang paling sering saya kunjungi dengan rutin, dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi saya sebagai Pengawas. Karena, tiap kali saya menginjakkan kaki di sini, saya selalu merasa senang dan terkesan dengan kinerja lembaga SMP Tunas Dharma yang selalu mengalami progres dan kemajuan yang positif dari waktu ke waktu. Mengapa demikian, karena saya bisa merasakan ‘aura’ selama satu tahun terakhir ini, setelah SMP Tunas Dharma dikomandani oleh Kepala Sekolahnya, Ibu Laminem. SMP Tunas Dharma saat ini memiliki jumlah pertambahan sarana dan fasilitas yang signifikan, untuk mendukung kegiatan akademik dan non-akademik. Ibu Laminem, juga mampu membuat dan menyediakan kepada saya dokumentasi pembelajaran dan berbagai macam dokumentasi administrasi sekolah dengan lengkap dan rapih, yang dikelola secara lebih transparan dan akuntabel. Di sisi lain, tim guru dan tenaga kependidikan saat ini juga sangat kompak dan harmonis, penuh dengan kegembiraan dan keceriaan. Sehingga, secara langsung hal tersebut terbukti mampu mendongkrak kinerja institusi SMP Tunas Dharma yang terlihat dan terasa semakin maju dan berkembang di bawah kepemimpinan Kepala Sekolah Ibu Laminem. Singkat cerita, bahwa saat ini SMP Tunas Dharma sudah lebih baik dari periode-periode sebelumnya. Bahkah saya terima laporan dari Ibu Kepsek ini, bahwa per hari ini saja sudah ada sebanyak 39 calon siswa yang sudah melakukan registrasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2025-2026. Ini sebuah awal yang luar biasa, karena mengingat PPDB 2025-2026 ini masih panjang waktunya, masih sampai bulan Juni tahun depan. Hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi, dari masyarakat Karawang kepada SMP Tunas Dharma”.

Di tempat yang sama, Ibu Laminem, S.Ag., M.Pd.B., selaku Kepala SMP Tunas Dharma menyampaikan: “Kami, seluruh guru dan tenaga kependidikan SMP Tunas Dharma senantiasa berkomitmen untuk menyelenggarakan proses pendidikan yang bermutu, partisipatif dan inklusif, sesuai dengan visi, misi dan nilai-nilai Sekolah Tunas Dharma yang telah dicanangkan oleh Yayasan Pendidikan Rosma. Saat ini, kami memiliki relasi yang sinergis dan strategis bersama dengan pihak Yayasan dan Dinas Pendidikan untuk terus melakukan ‘continuous improvement’ dalam rangka memperbaiki kinerja dan performa SMP Tunas Dharma di berbagai bidang. Kami berterima kasih, kepada Bapak Pengawas Pembina, Bapak Tatang, karena beliau itu selalu mensupport dan mengoreksi setiap kinerja kami di setiap waktu untuk perbaikan dan kemajuan. Bahkan, menurut beliau sendiri SMP Tunas Dharma ini adalah sekolah yang paling rutin beliau kunjungi. Dengan hal ini, kami merasa di setiap kunjungan dan diskusi-diskusi di antara kami selalu menghasilkan poin-poin yang bermutu dan berharga untuk saran, kritik dan koreksi bagi SMP Tunas Dharma ke depan”.