Yayasan Pendidikan Rosma | Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar dalam bidang manajemen pemasaran dan strategi komunikasi bisnis yang sangat dinamis dan pesat dalam perkembangannya. Untuk menjaga performa manajemen pemasaran yang efektif dan kompetitf di era digital pada saat ini, Yayasan Pendidikan Rosma memandang perlu untuk membekali tim media dan marketing di unit-unit pendidikan yang dimilikinya dengan pengetahuan, keterampilan dan inovasi praktis yang terukur dan aplikatif di bidang digital marketing. Yayasan Pendidikan Rosma yang mengelola unit pendidikan antara lain: TK Tunas Dharma, SD Tunas Dharma, SMP Tunas Dharma, SMA Tunas Dharma, SMK Rosma dan STMIK Rosma yang terus bertumbuh dan berkembang, mutlak memerlukan sumberdaya manusia yang kreatif, inovatif dan adaptif dengan perubahan dan tantangan zaman agar mampu menghadapi, mensiasati, mengelola dan mengoptimalkan berbagai platform digital yang efektif untuk membangun cutra institusi yang positif di mata masyarakat, khususnya masyarakat digital.
Pada hari Rabu-Jumat, tanggal 15-17 Oktober 2025, Yayasan Pendidikan Rosma mengadakan Pelatihan Intensif Digital Marketing, yang menghadirkan trainer dari Argia Academy, sebuah lembaga konsultan digital marketing yang berbasis di Jakarta. Adapun, kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari di SMA Tunas Dharma. Dalam pelatihan ini, para peserta yang merupakan tenaga digital marketing dari unit-unit pendidikan yang ada di bawah Yayasan Pendidikan Rosma mendapatkan materi, antara lain:
- Tren Digital Marketing pendidikan dewasa ini
- Repositioning dan rebranding sekolah
- Menentukan target pasar digital potensial
- Story Telling and emotional marketing
- Strategi konten kreatif pendidikan di media sosial
- Teknik editing poto dan video dengan software profesional
- Copywriting yang menyentuh hati
- Pembuatan konten promosi kreatif sekolah / lembaga pendidikan
- Pengenalan Digital Ads
- Retargeting dan analisis insight
- Strategi Funnel Marketing sekolah / lembaga pendidikan
- Integrasi online – offline dan CRM
Salah satu peserta dari STMIK Rosma, Bapak Fariq Yuzran, S.Kom., seusai acara mengatakan: ”Pelatihan Digital Marketing ini sangat bagus, dan materi yang disampaikan oleh pemateri pun sangat update dan sesuai dengan perkembangan dan tren IT yang sedang berkembang pada hari ini. Pelatihan yang diinisiasi oleh Yayasan Pendidikan Rosma ini tentu sangat relevan dan berguna, dalam menambah wawasan, pengenahuan, ilmu dan keterampilan saya sebagai tenaga marketing di kampus STMIK Rosma. Pemateri juga banyak sekali memberikan teori dan wawasan dasar tentang konsep manajemen pemasaran konvensional dan digital, yang selama ini saya belum banyak memahami hal tersebut. Berkat pelatihan ini, saya menjadi mengerti dan semakin memahami konsep-konsep manajemen pemasaran, baik itu yang konvensional maupun yang digital marketing”, kesan Sarjana Komputer dari STMIK Rosma ini.
Hal senada diungkapkan oleh Bapak Agustinus Deyafajar Jiwantono, S.Pd., MM., salah satu peserta dari SMK Rosma memberikan testimoninya pada kegiatan ini: “Selama ini saya belajar secara otodidak, melalui YouTube dan lain-lain tentang teknik-teknik editing poto, editing video dengan Canva secara mandiri berdasarkan pada tutorial saja. Jadi, sedikit banyak saya bisa mengikuti materi yang disampaikan oleh pemateri dengan baik, khususnya di dalam sesi workshop dan praktek dalam pelatihan ini. Sebagai bagian dari tim kreatif dan digital marketing di SMK Rosma, saya rasa pelatihan ini sangat berguna. Karena walau bagaimana pun, banyak hal yang belum sepenuhnya saya mengerti dan saya kuasai di dalam bidang digital marketing. Dengan pelatihan ini, tentu semakin menyempurnakan lagi kompetensi saya di bidang digital marketing secara praktek. Yang pada akhirnya, kompetensi yang telah saya kuasai ini diharpkan akan mampu mendukung performa SMK Rosma dalam pemasaran institusi, yang pada akhirnya akan mampu memaksimalkan raihan kuantitas penerimaan siswa baru di Sistem Penerimaan Siswa Baru pada tahun 2026 mendatang”, ungkap Sarjana Pendidikan bidang Pendidikan Akuntansi dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan Magister Manajemen dari Universitas Singaperbangsa Karawang ini.
Di tempat yang sama, peserta dari SMA Tunas Dharma, Ibu Felicia Alhelga Stevanie Basuki Kakisina, SE., M.Kom., mengungkapkan: ”Melalui Pelatihan Digital Marketing yang menghadirkan pemateri dari lembaga Argia Academy ini tentu sangat bagus ya, semua materi yang disajikan pun sangat relevan dan menjadi kebutuhan kami di SMA Tunas Dharma dalam mendukung kinerja tim marketing kami. Secara konseptual, kami mendapatkan materi dan pemahaman tentang teori manajemen pemasaran, yang dipadukan dengan digital marketing melalui sarana IT yang mau tidak mau, suka tidak suka pada saat ini memang harus mampu dikuasai oleh setiap SDM yang menangani pemasaran atau tim SPMB penerimaan siswa baru di setiap unit Pendidikan, khususnya bagi kami sendiri di SMA Tunas Dharma. Dengan pelatihan ini terbukti banyak sekali praktek, aplikasi, cara dan metode praktis yang belum saya ketahui dan belum saya kuasai sebelumnya. Akhirnya, sedikit banyak melalui pelatihan ini saya mampu memahami dan mengaplikasikan digital marketing secara lebih luas dan dalam lagi. Mudah-mudahan, output dari pelatihan ini akan mampu mendukung kinerja tim SPMB di SMA Tunas Dharma untuk meraih siswa baru dengan hasil yang maksimal pada tahun 2026 mendatang”, tutup Sarjana Ekonomi bidang Akuntansi dari Universitas Sanata Dharma Yogyarakta dan Magister Komputer dari STMIK Likmi Bandung ini.








